Tips Berkata Bijak

16.6.08

Ini Dia Entrepreneur Abad 21

Tahun 1900 sampai 2000 bisa dikatakan sebagai abad entrepreneur. Soalnya, selama 100 tahun itu, pertumbuhan industri bisa dikatakan telah mencapai puncaknya. Meski tidak ada penemuan fenomenal, tetapi pengembangan yang terjadi sangat fenomenal, entrepreneur pun tumbuh sangat cepat.

Seperti pernah ditulis Wall Street Journal pada 29 November 29 1999, setidaknya ada 10 orang paling berpengaruh sebagai entrepreneur. Karena, karena mereka bisa menciptakan sejarah sebagai entrepreneur dengan memanfaatkan peluang bisnis dan berhasil mempengaruhi dunia.
Nah inilah mereka-mereka yang berhasil “mengubah dunia” dengan gagasan serta bisnis yang telah mengubah dunia itu:

1. L.L. Bean sebagai pioner pengiriman barang lewat pos.
2. Ray Kroc, penemu sistem franchise.
3. George Johnson sebagai pelaku bisnis berkulit hitam.
4. Jeff Bezos sebagai printis toko online.
5. Betty Friedan sebagai usahawan wanita.
6. Georges Doriot, kreator teknis modal ventura.
7. Bill Gates untuk membuat PC jadi gampang.
8. Henry Ford sebagai perintis transportasi darat dengan mobilnya.
9. Sam Walton untuk toko-toko murahnya.
10. Frederick Terman yang merintis pertumbuhan industri di Silicon Valley.

Di antara sepuluh orang ini, mana yang akan Anda pilih? Tentunya semua itu tergantung pada Anda sendiri. Karena masing-masing orang tadi memang punya kelebihan tersendiri, jadi silakan memilih.

Yang pasti, orang-orang yang ada dalam daftar tersebut sebelumnya memang tidak dikenal, sampai akhirnya menjadi sangat dikagumi setelah penemuan atau bisnis yang mereka lakukan benar-benar bisa mengubah dunia.

Bill Gates contohnya, dengan macam-macam sofware komputer, berhasil mengubah pandangan dunia terhadap komputer. Bagaimana tidak? Komputer yang dulunya menjadi benda “mewah” serta diperlukan kemampuan tersendiri untuk menguperasikannya, menjadi benda yang gampang dipakai serta tidak diperlukan “keahlian” rumit untuk mengoperasikannya.

Jadi, inilah yang diperlukan oleh entrepreneur memang pentingnya dia melihat peluang yang terbuka dan bisa dikembangkan. Bahkan sebuah pemikiran kecil, yang terkadang lewat dari pengamatan kita karena terlalu sederhana tersebut.


Tidak ada komentar:

Tips Bicara Bijak