Tips Berkata Bijak

30.6.08

Siapa Sih Entrepreneur Itu?

Kalau membicarakan arti dari entrepreneur ternyata banyak pendapat berbeda, terutama tentang pengertian apa itu entrepreneur atau apa yang dilakukan entrepreneur. Dalam kamus Hypertext OnlineWebster disebutkan, entrepreneur ialah “seseorang yang membuat suatu produk dengan menggunakan dana sendiri”.

Sesuai dengan pengertian ini, tentu banyak orang bisa dikatakan sebagai entrepreneur karena usahanya. Bahkan diri kita ini juga bisa dikatakan sebagai entrepreneur. Apakah semua orang yang membuat usaha dengan modal sendiri bisa dikatakan sebagai entrepreneur? Jawabnya memang iya! Jadi Anda juga punya kesempatan untuk menjadi seorang entrepreneur.

Memang kesempatan untuk menjadi entrepreneur itu ada pada semua orang. Jadi semua orang memiliki bakat untuk jadi enterprenur, bahkan tukang sayur atau tukang nasi goreng dorong yang selama ini suka lewat di depan rumah kita, juga bisa dikatakan sebagai entrepreneur. Persoalnnya, apakah mereka bisa berkembang sesuai prinsip-prinsip entrepreneurship itu?

Menurut ekonom dari Harvard, masing-masing Hart, Stevenson serta Dial dalam bukunya "Entrepreneurship: A Definition Revisited" dikatakan, seorang entrepreneur haru berfikir jauh ke depan, setidaknya punya lima model pemikiran, dan anda juga bisa memperolehnya.

Pertama dari Eksis untuk jadi Matang. Nah untuk mencapai ke arah itu, biasanya melalalui tiga tahapan, pertamanya Eksis – di masa ini, seorang entrepreneur menunjukkan dirinya sebagai pengusaha ketika mulai menjalankan bisnisnya, apakah produksi atau jasa, dan kemudian mengembangkan pasar serta menata organisasi perusahaanya. Tahap ini bisanya berlangsung antara 0 sampai 3 tahun.

Kemudian masa Bertahan (Survival) – di masa ini perusahaan mulai memperbaiki organisasinya dengan Survival – di masa ini, perusahaan talah melakukan reorganisasi dengan memperbaiki sistem produksi, kemudian memperbaiki cash-flow dan meraih keuntungan, serta melakukan diversifikasi berbagai macam produk. Masa bertahan ini biasanya berlangsung sekitar 1 sampai 5 tahun.

Nah, setelah masa ini kalau memang entrepreneur tersebut mampu bertahan biasanya entrepreneur itu bakalan mencapai kesuksesan. Inilah tahapan mencapai Sukses. Di masa ini, seoranag entrepreneur sudah bisa memperoleh pasar yang sudah benar-benar mapan dalam pengembangan produksinya, bahkan bisa lebih meningkatkan pasarnya. Sukses biasanya ditempuh dalam waktu sekitar 3 sampai 10 tahun.

Sekarang, apakah Anda sudah benar-benar siap untuk sukses? Jawabnya memang harus iya!


Tidak ada komentar:

Tips Bicara Bijak