Tips Berkata Bijak

16.6.08

Kenali Karakter 'Si Sulit'

Tetapi, tak dapat dipungkiri, tidak semua rekan di kantor bersifat seperti yang Anda harapkan. Ada beberapa sifat dan karakter rekan yang termasuk sulit alias tidak menyenangkan. Sebelum Anda bingung menghadapinya, Anda harus mengetahui seperti apa tipe teman-teman di kantor yang tergolong sulit itu. Coba deh simak satu persatu tipe si sulit beserta cara menghadapinya:

* Tukang gosip
Tipe teman yang satu ini selalu want to know aja tentang masalah pribadi orang lain. Hingga sebagian besar waktunya di kantor habis untuk mencari tahu tentang orang lain di sekelilingnya. Biasanya dia juga suka menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya. Kepada teman yang satu ini jangan terlalu dekat tetapi juga jangan menjauhinya. Yang penting jangan libatkan diri Anda dalam spekulasi apapun dengannya dan jangan sekali-kali menanggapi gosip yang ia lontarkan.

* Si pemarah
Teman yang satu ini memang membuat Anda atau siapapun merasa nggak nyaman berada di dekatnya. Tersinggung sedikit dia langsung marah. Kalau bicara umumnya mereka juga 'keras'. Yang lebih membuat nggak nyaman, kalau lagi ‘bad mood’ bicaranya seperti membentak dengan ekspresi yang sama sekali tidak menyenangkan. Menghadapi rekan yang satu ini memang harus ekstra hati-hati. Hindari pembicaraan yang dapat membangkitkan amarahnya. Seandainya Anda ingin berargumentasi dengannya, Anda harus bisa menunjukkan bukti yang kuat.

* Si ambisius
Rekan yang ambisius biasanya selalu ingin menonjol di antara rekan-rekan yang lain. Ia juga bisa berbuat apa saja untuk mencapai ambisinya. Termasuk menjatuhkan rekan-rekan kerjanya sendiri. Ia selalu mencari kesempatan untuk maju meskipun dengan strategi yang merugikan orang lain. Kepada teman tipe satu ini Anda harus menunjukkan persaingan secara lebih positif dan sehat. Sehingga ia sadar bahwa untuk mencapai kemajuan tidak harus menghalalkan semua cara.

* Si culas
Hati-hati dengan rekan kerja yang culas. Biasanya ia selalu bersikap baik di depan teman-temannya. Tetapi di belakangnya ia bisa saja mengatur strategi untuk menjatuhkan Anda atau siapapun yang tidak disukainya. Tetapi biasanya orang-orang yang tidak disukainya adalah orang-orang yang lebih maju darinya. Membajak pekerjaan penting dan ide orang lain juga bukan hal yang asing baginya. Maka Anda harus selalu waspada dengan orang yang satu ini. Jika Anda memiliki ide briliant, jangan bicarakan padanya.

* Si perasa
Bicara dengan si perasa juga harus ekstra hati-hati. Salah ucap sedikit saja ia bisa tersinggung dan sedih berlarut-larut. Jika menerima kritik yang agak pedas, bisa-bisa ia berpikir untuk mengundurkan diri. Untuk itu, jika bicara dengannya usahakan dengan hati-hati dan lembut. Jika ingin mengkritiknya, lakukan empat mata. Dan untuk membangkitkan rasa 'pede'nya jangan ragu untuk memuji kelebihannya.

Bagaimana? Sudahkah Anda mengetahui karakter rekan-rekan kantor anda yang terkenal sulit? Dengan mengetahui karakter mereka masing-masing, paling tidak Anda memiliki kunci untuk menghadapi mereka satu persatu. Kepiawaian Anda berhadapan dengan semua teman bahkan dengan yang berkarakter sulit sekalipun adalah satu nilai plus untuk sukses di dunia kerja. Anda setuju..?


Tidak ada komentar:

Tips Bicara Bijak