Tips Berkata Bijak

30.6.08

SUARA MERDEKA

Tips Wanita


Strategi indah bernegosiasi












Dalam bernegosiasi memang wajar bila ada satu pihak yang memiliki kekuatan yang lebih besar sementara yang lain sebaliknya atau malah tak punya power. Keadaan ini tidak bisa diubah sehingga Anda mesti mencari jalan lain bila ingin "memenangkan" sebuah negosiasi. Caranya?


Gunakanlah persuasi sehingga pihak lain melakukan sesuatu yang sesuai dengan kehendak Anda. Setelah pihak lain dalam negosiasi bersedia melakukan hal yang Anda inginkan, arahkan orang tersebut untuk mewujudkan tujuan Anda. Dengan cara persuasi, Anda tak membahayakan hubungan baik yang sudah terjalin antara Anda dan atasan ataupun pihak perusahaan lain. BErikut beberapa strategi yang bisa Anda lakukan.


Mendengarkan pendapat orang lain. Apabila Anda ingin mengubah apa yang ada dalam pikiran orang lain, tentunya terlebih dahulu Anda mesti mengetahui apa yang sebenarnya ada dalam pikiran orang itu. Dengarkan respon yang mereka berikan dengan hati-hati sehingga Anda tahu mitivasinya dengan baik. Untuk bisa melakukan hal ini kesampingkan dulu cara pandang yang sudah Anda miliki. Posisikan diri Anda sebagai lawan bicara, sehingga Anda bisa lebih memahami pandangannya itu. Dengan demikian pengertianpun bisa tercipta.


Bentuk pilihan yang lebih baik. Semakin Anda mengerti tentang keinginan seseorang semakin besar peluang yang Anda miliki untuk mempengaruhinya. Setelah Anda mengetahui tujuan, perhatian, keinginan, dan kepuasannya Anda bisa membuat pilihan-pilihan menuju keinginannya sekaligus keinginan Anda. Ide-ide yang menguntungkan kedua belah pihak bisa menggeser seseorang dari keputusan yang sulit digoyahkan.


Persiapkan diri. Sisihkan waktu untuk mempersiapkan diri sebelum bernegosiasi. Untuk meningkatkan kemampuan persuasi Anda dalam melakukan negosiasi, tak ada salahnya jika Anda melakukan latihan - latihan kecil dalam kehidupan sehari-hari. Persiapkan juga keyakinan diri Anda. Percayalah bahwa Anda bisa melakukan negosiasi sehingga mampu meraih tujuan yang dinginkan.


Cari alternatif. Cara persuasif terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan melontarkan ide-ide yang sesuai, beralasan dan berakomodir kepentingan kedua belah pihak. Ada kalanya negosiasi mengalami jalan buntu. Lawan bicara tak juga mau mengalah, sementara pihak Andapun tak mau mengikuti padangannya. Bila hal ini terjadi, ajukan jalan keluar yang adil untuk masing-masing pihak. Adil disini bisa saja Anda menyetujui poin yang diajukan pihak lawan yang masih bsia di tolerir oleh Anda. Jangan merasa kalah dengan menyetujui poin lawan. Yang penting adalah berkompromi demi tercapainya tujuan Anda.


nah, untuk Anda yang kerja sebagai humas atau sales, pahamilah kiat di atas, dan lihat hasilnya. (lisa/CN02


Tidak ada komentar:

Tips Bicara Bijak