Tips Berkata Bijak

16.6.08

Mengatasi Kebiasaan Menunda

Menurut Psikolog terkenal asal Amerika, Kathy Peel, menunda pekerjaan sama saja dengan melarikan diri dari situasi yang tidak menyenangkan. Dan ini sama saja dengan tindakan seorang ‘pengecut’. Padahal saat Anda menunda pekerjaan, sesungguhnya Anda telah kehilangan banyak kesempatan untuk melakukan yang terbaik.

Dan sebenarnya kebiasaan menunda-nunda pekerjaan akan membuat kualitas pekerjaan yang Anda kerjakan semakin buruk. Karena biasanya menunda pekerjaan membuat waktu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan semakin minim. Dan minimnya waktu tentu saja mempengaruhi kualitas pekerjaan Anda. Nah, sebelum kebiasaan itu semakin parah, segera stop hal buruk itu.

Walau yang namanya ‘kebiasaan’ itu sulit dirubah, tapi bukan berarti tidak bisa kan? Untuk mengatasinya, nggak ada jalan lain, kuncinya adalah 'dari dalam diri sendiri'. Pertama Anda harus berniat untuk merubah kebiasaan itu. Tips dari Kathy Peel berikut ini dapat membantu Anda:

- Setiap kali ada waktu luang, jangan berpikir bahwa itu adalah waktu untuk bersantai-santai. Biasakan untuk mengingat pekerjaan yang belum selesai setiap kali anda menemukan waktu luang. Ingat, semakin sering menunda pekerjaan, semakin banyak Anda menemukan kesulitan.

- Anda memang nggak perlu terburu-buru menyelesaikan suatu pekerjaan, tetapi pastikan bahwa Anda akan menyelesaikannya meskipun dengan cara 'menyicil'. Kerjakan mulai dari pekerjaan yang paling mudah. Lalu meningkat ke yang lebih sulit, dan seterusnya sampai pekerjaan benar-benar tuntas.

- Tentukan deadline untuk diri sendiri. Kapan Anda harus menyelesaikan satu pekerjaan. Tetapkan tanggal beserta jamnya. Kalau perlu ciptakan sanksi bagi diri sendiri jika Anda tak mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline yang telah ditentukan.

- Kalau Anda pusing dengan pekerjaan, jangan langsung meninggalkannya. Cobalah lakukan sesuatu agar Anda enjoy dengan pekerjaan itu. Misalnya dengan mendengarkan musik yang lembut. Anggaplah pekerjaan adalah teman yang menyenangkan bagi Anda. Cobalah bersahabat dengan pekerjaan. Dengan demikian Anda nggak merasa terbebani dengan pekerjaan.

Ingat, di era globalisasi ini persaingan di bidang apapun semakin ketat. Kalau Anda masih bertahan menunda-nunda pekerjaan, Anda akan tertinggal jauh oleh mereka yang berdaya saing kuat. Nah sebelum jauh tertinggal, segera ubah kebiasaan menunda tersebut. Sukses untuk Anda....! [tri]


Tidak ada komentar:

Tips Bicara Bijak