Tips Berkata Bijak

16.6.08

Lakukan Pertanggungjawaban setiap hari

"Waktu kita sangat terbatas, berarti sangat tak pantas untuk kita hambur-hamburkan. Waktu lebih berharga dari pada harta atau uang. Harta atau uang apabila hilang bisa kita cari kembali, tapi satu menit yang sudah lewat tak bisa kita temukan kembali."


Adasejenis lalat yang dilahirkan diwaktu pagi dan mati di waktu senja, tapi lalat tersebut bersungguh-sungguh hidup, mereka terbang mencari makan, kawin, bertelur dan menyiapkan masa depan ulat-ulat anaknya. Mereka tidak diam, hanya untuk menunggu mati atau sekedar mengharap-harap.


Kita semua mempunyai waktu Bruto setiap hari dua puluh empat jam, tapi berapa jamkah setiap hari yang benar-benar kita manfaatkan ? Sepanjang hidup mestinya kita memperhitungkan berapa banyak waktu Neto yang kita pergunakan dari waktu Bruto yang Allah berikan.


Waktu kita sangat terbatas, berarti sangat tak pantas untuk kita hambur-hamburkan. Waktu lebih berharga dari pada harta atau uang. Harta atau uang apabila hilang bisa kita cari kembali, tapi satu menit yang sudah lewat tak bisa kita temukan kembali.


Hidup terdiri dari hari per hari bukan dari tahun per tahun, karena kita tidak punya kepastian tentang tahun, yang kita punya hanya kepastian hari ini, bahkan hanya sebagian hari yang sedang kita hadapi. Karena itu sesungguhnya laporan tahunan, laporan yang sangat terlambat. Sesungguhnya semakin kecil jangka waktu semakin baik.


Karena setiap minggu kita punya tujuh kesempatan untuk memperbaiki diri, dalam satu bulan kita punya tiga puluh kali kesempatan untuk mawas diri dan meningkatkan kesungguh-sungguhan, dalam satu tahun punya tiga ratus enam puluh kali untuk merenung dan menata ulang semua program.


Tapi laporan pertanggung jawaban lebih baik kita lakukan setiap hari,



H. O. Surahman


Tidak ada komentar:

Tips Bicara Bijak